Pengertian Card Reader

Apa itu Card reader ?
Pengertian secara umumnya adalah pembaca kartu memori / alat untuk membaca kartu memori.Card reader biasanya di hubungkan ke komputer dengan kabel USB. USB berfungsi untuk mengakses data pada kartu memori.
Pada awalnya pembaca kartu memori dirancang hanya untuk membaca satu jenis kartu memori saja, seiring majunya teknologi. Kini banyak card reader yang dapat membaca berbagai jenis kartu memori. Alat ini sering disebut dengan Multicard reader.
FUNGSI CARD READER
Fungsi Card Reader ialah alat perantara untuk membaca kartu memori,yaitu  handphone/Camera Digital/PDA.Tetapi sebelumnya memory harus dilepaskan terlebih dulu kemudian dimasukkan ke dalam slot / multi slot lubang Card Reader.
Card reader ada 2 tipe:
1.Single slot
Yaitu berupa Card Reader yang satu lubang, biasanya disebut 2in1, 3in1, 5in1 dan lain-lain. Tipe ini biasanya hanya bias membaca jenis memori dari Nokia, MMC, RSMMC, RSMMCDV, SD Card dan T-Frash.
2.Multi slot
Perbedaan dengan single slot, multi slot memiliki 4 slot/lubang. Card reader tipe ini biasanya di sebut 9in1, 12in1, 15in1, 19in1, dan lain-lain. Tapi sekarang biasa disebut dengan “All in 1” kenapa “in” nya lama-lama semakin banyak? Karena teknologi semakin berkembang dan bertambah. Jenis kartu yang bias dibacapun semakin banyak, contohnya Memori Stik Duo dan Stik Pro Duo nya Sony Ericsson, CF (Compact Flash) Card yang umumnya untuk kamera Digital, XD, MicroDrive, Secure Media (SM), dan lain-lain.


Related Post

Tidak ada komentar:

Posting Komentar