Software bahasa padang portble

Bagi yang ingin mengetahui dan mempelajari budaya Sumatera Barat, mungkin mereka harus kesana dan mempelajari sendiri, selain budaya yang unik, bahasa Minang memiliki karakter yang sedikit mirip dengan bahasa melayu. Jadi bagi anda yang menginginkan belajar bahasa Padang, setidaknya anda akan membutuhkan kamus untuk mengenali kosa kata bahasa padang tersebut.

Berikut sebuah software kamus sederhana bahasa Padang, yang dapat anda gunakan untuk mencari translasi bahasa Minang ke bahasa Indonesia, Kamus ini dibuat oleh seorang mahasiswa dari Padang Muhammad Irfan, dengan tujuan untuk melestarikan bahasa asli minangkabau yang semakin lama semakin terlupakan dan terus berubah menjadi semakin modern yang dikarenakan para banyak orang tua di minang sekarang lebih bangga kalo anak anak mereka lebih menguasai bahasa Indonesia. Hal ini di indikasikan karena para remajanya saat ini lebih familiar dengan logat bahasa Indonesia dan Jakarta seperti penggunaan loe dan gue.
Project yang disebut dengan Kamuih ini dimulai pada bulan November 2009 yang lalu. Saat ini kamuih sudah mencapai versi 2.0. Selain perbaikan interface di versi sebelumnya pada versi 2.0 ini telah ditambahkan kosa kata minang hingga 5000 kata. Pada versi ini juga dapat melihat history kata yang sudah ditambahkan.
Software yang dibangun dengan VisualBasic 6.0 dan Database MsAccess 2003 ini kedepanya diharapkan dapat menerjemahkan satu kalimat, seperti layaknya transtool alih bahasa dari Minang ke Indonesia dan sebaliknya. Download disini


Related Post

Tidak ada komentar:

Posting Komentar